Mikroorganisme Berbahaya – Pembagian, Contoh dan Penggunaan

Secara teknis mikroorganisme atau mikroba adalah organisme yang bersifat mikroskopis. Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang Mikroorganisme. Mikroorganisme dibagi menjadi tujuh jenis: mikroorganisme, archaea, protozoa, alga, jamur, virus, dan parasit hewan multiseluler.

Setiap jenis memiliki komposisi seluler, morfologi, cara gerak, dan replikasi. Mikroorganisme bermanfaat dalam menghasilkan oksigen, menguraikan bahan organik, menyediakan vitamin bagi flora, dan mempertahankan kesehatan manusia, namun beberapa dapat menjadi patogen dan penyebab penyakit pada flora dan manusia.

Mikroorganisme

bakteri adalah organisme uniseluler . Sel-sel didefinisikan sebagai prokariotik karena fakta bahwa mereka tidak memiliki nukleus. Mereka ada dalam empat bentuk penting: bacillus (bentuk batang), coccus (bentuk bulat), spirilla (bentuk spiral), dan vibrio (bentuk melengkung).

Kebanyakan bakteri memiliki dinding sel peptidoglikan; mereka membagi dengan pembelahan biner; dan mereka mungkin memiliki flagela untuk motilitas. Perbedaan bentuk dinding sel mereka adalah fitur utama yang digunakan dalam mengklasifikasikan organisme tersebut.

Menurut cara mereka menuai listrik, bakteri dikategorikan sebagai heterotrof atau autotrof. Autotrof membuat makanan mereka sendiri melalui penggunaan energi sinar matahari atau reaksi kimia, dalam hal ini mereka dapat disebut sebagai kemoautotrof. Heterotrof memperoleh energi mereka dengan menelan organisme lain. Mikroorganisme yang menggunakan bentuk keberadaan yang membusuk sebagai pemasok kekuatan disebut sebagai saprofit.

Archaea

Archaea mungkin bulat, batang, spiral, lobed, persegi atau abnormal dalam bentuk. Spesies datar berbentuk persegi panjang yang tidak biasa yang hidup di kolam renang asin juga telah ditemukan. Beberapa ada sebagai sel yang belum menikah, yang lain membentuk filamen atau kelompok. Sampai tahun 1970-an kelompok mikroba ini masuk kategori bakteri. Banyak archaea ditemukan berada di lingkungan yang berlebihan, misalnya pada tekanan yang berlebihan, konsentrasi garam atau suhu. Organisme semacam itu disebut ekstrofil.

Jamur

Jamur mungkin bersel tunggal atau organisme multiseluler yang sangat rumit. mereka ditemukan di hampir semua habitat; namun sebagian besar hidup di darat, khususnya di tanah atau di atas kain tanaman sebagai lawan di laut atau air tawar.

Sebuah kelompok yang dikenal sebagai dekomposer berkembang di tanah atau pada tanaman yang tidak berguna di mana mereka memainkan peran penting dalam siklus karbon dan faktor lainnya.

Beberapa adalah parasit tanaman yang menyebabkan penyakit termasuk jamur, karat, keropeng atau kanker. Pada vegetasi, penyakit jamur dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang luar biasa bagi petani. sejumlah kecil penyakit motorik jamur pada hewan. Pada manusia ini termasuk pori-pori dan penyakit kulit termasuk kaki atlet, kurap dan sariawan.

Protozoa

Protozoa adalah periode waktu informal untuk kumpulan eukariota bersel tunggal, baik yang hidup lepas atau parasit, yang memakan bahan organik yang terdiri dari Mikroorganisme yang berbeda atau jaringan organik dan puing-puing.

Secara historis, protozoa dipandang sebagai “hewan bersel satu”, karena mereka secara teratur memiliki perilaku seperti hewan, yang meliputi motilitas dan predasi, dan tidak memiliki dinding sel, seperti yang ditemukan pada bunga dan banyak alga.

Semua Protozoa adalah eukariota dan akibatnya memiliki nukleus yang “tepat” atau membran tertentu.

ganggang

Alga adalah kelompok banyak organisme akuatik yang memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis. Alga positif berkenalan dengan mayoritas; misalnya, rumput laut (termasuk rumput laut atau fitoplankton), sampah kolam atau alga yang mekar di danau. Namun, ada dunia Alga yang substansial dan beragam yang tidak hanya berguna bagi kita, tetapi juga penting untuk gaya hidup kita.

Sebagai aturan umum, Alga mampu fotosintesis dan membawa makanan pribadi mereka dengan menggunakan penggunaan energi cahaya dari matahari dan karbon dioksida, cara yang baik untuk menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Dengan kata khusus, Alga maksimum adalah autotrof atau lebih khususnya, fotoautotrof (mencerminkan penggunaan daya sedang untuk menghasilkan nutrisi).

Alga mampu bereproduksi melalui teknik aseksual atau vegetatif dan melalui replika seksual.

Mikroorganisme yang Berbahaya

Sebagian besar infeksi ditambahkan kira-kira melalui Mikroorganisme unik. Organisme ini disebut patogen.

Beberapa Mikroorganisme menginginkan pengangkut untuk mengirimkan penyakit. Di sini, nyamuk Anopheles adalah pembawa yang digunakan oleh protozoa Plasmodium vivax untuk mengirim penyakit ke inangnya. Begitu berada di dalam inang, Plasmodium mulai menghancurkan trombosit ungu. Hal ini menyebabkan konsekuensi yang berbeda, bersama dengan penyakit dan hipoksia.

Penggunaan Mikroorganisme

• Gunakan untuk mengekstrak dadih dari susu.
  • Rhizobium yang ditemukan di akar tanaman pulsa mengembalikan nitrogen dari udara dan mengirimkan senyawa nitrogen ke detak jantung.
  • Mikroorganisme juga digunakan dalam pembuatan anggur, pembuatan kue, pengawetan, dan berbagai prosedur pembuatan makanan.
  • Fermentasi alkohol oleh ragi banyak digunakan dalam persiapan anggur dan roti.
  • Mikroba digunakan untuk mengurangi polutan. Misalnya, pengurai yang terdiri dari mikroorganisme dan jamur merusak tubuh dan kotoran kita untuk membentuk senyawa anorganik, yang dapat diserap oleh vegetasi.
  • Mikroba juga memainkan fungsi penting dalam persiapan perawatan obat. Antibiotik adalah bahan kimia yang dihasilkan oleh mikroorganisme untuk membunuh mikroorganisme.
  • Penisilin adalah antibiotik yang diperoleh dari Penicillium.
  • Mikroorganisme di usus kita membantu pencernaan yang tepat dan melepaskan nutrisi B, yang diserap oleh usus.
  • Banyak vaksin dibuat dari Mikroorganisme. Vaksin ini diberikan kepada anak-anak untuk menjaga mereka dari gangguan tersebut.
  • Mikroba positif juga digunakan dalam pengobatan organik limbah dan limbah industri.
  • Ragi digunakan dalam pembuatan idli, bhatura, roti, kue kering, dan kue.